Explore By Category

Explore By Category

Explore By Category

Explore By Category

Service Culture, Kunci Memenangkan Persaingan Bisnis.

Yana

Yana

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, tidak cukup hanya dengan menawarkan produk atau layanan yang lebih bagus. Perusahaan harus berusaha lebih keras untuk membedakan diri mereka dari para pesaing. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menciptakan Service Culture atau budaya layanan yang kuat.

Service Culture atau budaya layanan adalah seperangkat nilai (values) dan perilaku (behaviors) yang memprioritaskan kepuasan pelanggan dan keunggulan layanan. Ini adalah tentang menciptakan sebuah perusahaan yang berpusat pada pelanggan, di mana karyawan diberdayakan untuk melakukan lebih dari sekadar memenuhi kebutuhan pelanggan.

Service culture yang tertanam di perusahaan dapat menjadi keunggulan kompetitif yang kuat bagi bisnis. Inilah alasannya:

Pertama, pelanggan lebih cenderung kembali ke bisnis yang memberikan layanan terbaik. Sebuah studi oleh American Express menemukan bahwa 86% pelanggan tidak hanya kembali membeli tapi juga bersedia membayar lebih untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik. Dengan menciptakan Service Culture, perusahaan bisa meningkatkan loyalitas dan retensi pelanggan.

Kedua, Service Culture dapat membantu perusahaan menarik pelanggan baru. Promosi dari mulut ke mulut masih menjadi alat pemasaran yang ampuh, dan pelanggan lebih cenderung merekomendasikan bisnis yang memberikan layanan terbaik. Hal inilah yang dapat meningkatkan nama atau brand dan menjangkau basis pelanggan yang lebih besar.

Ketiga, Service Culture dapat meningkatkan kepuasan dan retensi karyawan. Ketika karyawan merasa diberdayakan untuk memberikan layanan yang sangat baik dan diakui untuk melakukan hal tersebut, mereka lebih mungkin untuk terlibat dan berkomitmen terhadap pekerjaan mereka. Hal ini dapat menyebabkan tingkat pergantian karyawan atau retensi yang lebih rendah dan menghasilkan tenaga kerja yang lebih produktif.

Keempat, Service Culture dapat mendorong inovasi dan perbaikan berkelanjutan. Ketika karyawan didorong untuk berpikir kreatif dan menemukan cara-cara baru untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, bisnis dapat tetap menjadi yang terdepan dan beradaptasi dengan perubahan kebutuhan pelanggan.

Kelima, Service Culture dapat membantu perusahaan menonjol di pasar yang penuh sesak. Dengan banyaknya pilihan yang tersedia bagi konsumen, bisnis yang memprioritaskan keunggulan layanan akan lebih mudah diingat dan direkomendasikan.

Service Culture atau budaya layanan ini bukan hanya tentang bersikap sopan dan ramah kepada pelanggan. Ini adalah pola pikir yang meresap ke seluruh organisasi, dari atas ke bawah. Bahkan para pemimpin harus menciptakan suasana yang mendukung dan memberikan contoh, sementara karyawan harus dilatih dan didukung untuk memberikan layanan terbaik secara konsisten.

Dengan menciptakan Service Culture atau budaya layanan yang tertanam kuat, perusahaan dapat menciptakan perbedaan yang signifikan dari pesaing, meningkatkan loyalitas dan retensi pelanggan, menarik pelanggan baru, meningkatkan kepuasan dan retensi karyawan, mendorong inovasi dan peningkatan berkelanjutan, dan yang paling utama adalah lebih menonjol dibanding para pesaing.

CARA GAMPANG CLOSING BERKALI-KALI, MESKIPUN TANPA ENDORSE & ADS

Bagaimana sebuah bisnis mampu menciptakan suatu pengalaman yang sangat berkesan atau memorable experience bagi pelanggannya sehingga tidak hanya menjadi pelanggan yang setia tapi juga menjadi “promoter”

Like this article? Share it with your network.

Grow Your Business With INCENTRIC

We believe that we can make the future a little bit better by putting kindness and sincerity in every transaction

Related Posts

Content Experience

Incentric.id The Beginning

Salah satu adegan yang sangat menginspirasi saya diserial onepiece adalah ketika semua orang ingin “berbaiat” kepada Luffi usia mengalahkan Doflamingo di dresrossa. Dan ternyata Luffi

Read More »
Content Experience

Effort Quadrant

Ini adalah salah satu teknik bagaimana kita bisa memilih strategi yang tepat untuk bisa memberikan customer experience yang berkesan kepada pelanggan. Teknik membagi kuadran antara

Read More »
CRM

Authentic Storytelling

Menarik mengikuti perkembangan pembahasan para marketer dunia tentang authentic ditengah banyaknya gimmick marketing. Storytelling yang baguspun nantinya tidak cukub ketika customer menuntut kejujuran. Dan justru

Read More »
CRM

The Most Basic Experience

Experience paling basic adalah experience dengan produk. Kita bisa menggunakan hal2 yang tidak biasa untuk membuat produk tersebut diceritakan dan layak untuk di share atau

Read More »

Sign up for the INCENTRIC blog

Join 300,000+ monthly readers learning how to improve your business.